8.839 Murid Dipastikan Terima Beasiswa PIP

Murid SD belajar
BEASISWA : Ribuan murid SD dan SMP di Kabupaten Bengkulu Selatan menerima beasiswa PIP/Foto DOK/ Raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Tahun ini ada 8.839 murid SD dan pelajar SMP di Bengkulu selatan dipastikan menerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP). Rinciannya sebanyak 5685 murid SD dan 3154 pelajar SMP.
Jumlah penerima beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI tersebut masih dapat berubah, sebab sekolah akan melaksanakan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023.

“Untuk murid kelas 1 – V mendapatkan beasiswa Rp 450 ribu setahun. Murid kelas VI SD mendapat Rp 225 ribu. Sedangkan pelajar kelas VII – VIII SMP mendapat Rp 750 ribu, dan pelajar kelas IX SMP mendapat Rp 375 ribu pertahun,” jelas Kabid Dikdas Dinas Dikbud BS, Efriansyah, SE.

TRENDING  Empat Tenaga Honorer Dikbud Dirumahkan

Diteruskan Efriansyah, proses pencairan bantuan tersebut langsung ditransfer Kementerian ke rekening pelajar penerima, tanpa melalui perantara sekolah. “Adapun tujuan utama pemberian beasiswa PIP yakni untuk mendukung proses pendidikan dan fasilitas pembelajaran bagi siswa terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu. Misalnya untuk pembelian buku, tas ataupun sepatu,” paparnya.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, pelajar harus memiliki kartu indonesia pintar (KIP). Bagi siswa yang kurang mampu namun tidak memiliki KIP bisa mengajukan ke Dinas Sosial untuk mendapatkan KIP. Setelah itu baru melapor ke sekolah untuk segera diusulkan mendapatkan beasiswa tersebut.

TRENDING  Tingkatkan Kedisiplinan dengan Dhuha Berjamaah

“Data penerima beasiswa setiap tahunnya terus berubah. Bisa jadi ada yang tahun ini dapat beasiswa tapi tahun depan tidak lagi. Ini juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi keluarga,” pungkasnya. (rzn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.