Dapodik Tak Valid Bisa Dapat DAK

serapan anggaran
Ilustrasi DAK

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Selama ini beberapa sekolah di Kabupaten Bengkulu Selatan batal mendapat Kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Untuk tahun 2023 ini teknisnya kembali berubah. Meski dapodik tidak valid, sekolah masih memiliki peluang menerima bantuan DAK pendidikan.

“Rencanannya seperti itu untuk DAK 2023,” kata Kasubbag Perencanaan, Pelaporan dan Evaluasi Disdikbud BS, Yen September, S.Pd.I.

Teknisnya, sekolah yang butuh bantuan DAK dapat meminta verifikasi ke Dinas Dikbud BS dan Dinas PUPR BS. Sebagai rekomendasi atau penguat bahwa sekolah tersebut benar-benar membutuhkan bantuan sebagaimana yang diajukan.

TRENDING  Kerumunan Di Sekolah Masih Dibatasi

“Misal, sekolah A butuh MCK. Tapi di dapodik kebutuhan MCK itu tidak ada, tidak tertera. Padahal faktanya sangat membutuhkan, nah nanti kami mengajak atau meminta Dinas PUPR untuk melakukan verifikasi ke lapangan. Hasil verifikasi itu akan kami bawa ke Kemendikbud untuk diajukan kembali,” ujar Yen.

Kalau selama ini kesalahan atau tidak validnya dapodik menjadi penghambat beberapa sekolah untuk menerima bantuan DAK. Tidak update serta telitinya operator menjadi persoalan.

“Tidak jadi dapat bantuan gegara dapodik tidak sinkron sudah banyak terjadi selama ini. Nah ini jadi solusinya, tapi kami akan terus mendorong agar setiap sekolah memperbaiki serta teliti dalam menginput data sekolah ke dapodik, sebab dapodik itu jantungnya sekolah,” pungkas Yen. (rzn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.