Dosen Jurusan Biologi FMIPA UNIB Gelar Pelatihan Pembuatan Preparat Segar Biologi Bagi Siswa SMAN 1 Argamakmur

  • Whatsapp
Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat oleh Tim Pengabdi Jurusan Biologi, FMIPA UNIB bersama siswa /siswi, guru-guru biologi dan wakil kepala sekolah bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Argamakmur, Bengkulu Utara.
Cari Informasi Menarik Lainnya di Radar Selatan Disini

KOTA BENGKULU Guna meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Bengkulu, khususnya pada peningkatan mutu Pendidikan Ilmu Pendidikan Alam (IPA) sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang menjadi dasar perkembangan sains dan teknologi saat ini.

Dosen Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Bengkulu (UNIB), menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Pembinaan FMIPA UNIB di SMAN 1 Argamakmur Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Kegiatan itu digelar pada Sabtu (9/10) 2021, yang dihadiri oleh 20 orang siswa IPA SMAN 1 Argamakmur, 5 orang guru biologi serta wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin Jurusan Biologi FMIPA UNIB dalam rangka memberikan edukasi dan pengembangan mutu pendidikan sekolah. Harapan kami, siswa bisa meraih pengetahuan baru setelah adanya kegiatan ini,” ujar Dr. Risky Hadi Wibowo, M.Si Dosen Jurusan Biologi FMIPA UNIB, sekaligus ketua tim PPM Pembinaan UNIB.

Diteruskan Risky, dalam kegiatan itu dirinya tidak bekerja sendirian. Namun, dibantu oleh beberapa dosen yang berasal dari Jurusan Biologi FMIPA UNIB. Diantaranya Dr. Sipriyadi, M.Si dan Fatimatuzzahra, M.Sc.

“Kehadiran kami di sini sebagai salah satu solusi dari permasalahan yang sering terdapat di laboratorium-laboratorium sekolah terutama SMP dan SMA. Terutama dalam pengoperasian alat-alat laboratorium dan melakukan uji ilmiah lainnya,” terang Risky.

Adapun tahapan pelatihan uji pembuatan preparat segar yakni, pertama tim PPM Jurusan Biologi FMIPA UNIB melakukan pemaparan cara pembuatan preparat segar biologi kepada siswa SMAN I Argamakmur. Misalnya, untuk pembuatan preparat sel epitel mukosa pipi, cukup di kerok sedikit pada bagian dinding dalam pipi menggunakan pinset yang sudah dibersihkan menggunakan alkohol, kemudian diletakkan hasil kerokan di atas kaca preparat/ gelas objek dan ditetesi dengan pewarna methylene blue ditutup dengan cover glass, selanjutnya diamati di bawah mikroskop cahaya binokuler.

“Adapun preparat segar biologi yang dibuat pada saat kegiatan pengabdian ini adalah preparat segar sel epitel mukosa, preparat sel bawang merah, preparat sel bakteri dari minuman probiotik, preparat sel darah (eritrosit) manusia, preparat jamur dari makanan tempe, preparat sel otot polos dan lurik, serta preparat batang dan daun jagung,” jelas Risky.

Hasil pembuatan preparat segar biologi (preparat segar sel epitel mukosa pipi manusia dan pembuatan preparat segarsel bakteri) yang dilakukan oleh para siswa SMAN 1 Arga Makmur, Bengkulu Utara.

Semua preparat segar yang berhasil dibuat tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah guna menambah koleksi preparat di Laboratorium Sekolah dan bahan pembelajaran lebih lanjut, Menurut Risky, dengan tersedianya preparat segar biologi tersebut. Maka masalah ketidaktersediaan preparat segar biologi selama ini khususnya di SMAN 1 Argamakmur dapat diatasi. Selain itu, kedepannya pihak sekolah akan lebih mudah untuk mengembangkan jenis preparat lainnya, karena teknis pembuatan sudah diajarkan secara teliti dan maksimal.

Hasil pembuatan preparat segar biologi (preparat segar sel epitel mukosa pipi manusia dan pembuatan preparat segarsel bakteri) yang dilakukan oleh para siswa SMAN 1 Arga Makmur, Bengkulu Utara.

“Dengan pelatihan ini, secara tidak langsung skill siswa di laboratorium akan meningkat. Selain itu, adanya pelatihan pada para guru dan siswa dalam pembuatan preparat segar biologi nantinya akan dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar (praktikum) di laboratorium. Termasuk juga untuk meningkatkan peran jurusan Biologi FMIPA Universitas Bengkulu dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi di Bengkulu Utara khususnya di SMA N 1 Argamakmur,” pungkas Risky. (rzn/adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *