Dua Aset Milik Pemkab Seluma Dikuasai Warga

ilustrasi aset
Ilustrasi hibah kepada pemerintah sebagai aset daerah. Foto https://www.republika.co.id/

RASELNEWS.COM, SELUMA – Dua Aset milik Pemkab Seluma diduga dikuasai warga. Hal ini terungkap saat proses proses sertifikasi aset, berupa lahan dan bangunan, oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Seluma.

Di mana, Dinas Perkim menemui beberapa kendala, salah satunya aset yang sudah tercatat di Kartu Inventaris Pemerintah (KIP) namun dikuasai oleh warga. Hal ini tentu dibutuhkan penanganan khusus serta penjelasan kepada warga agar aset yang dikuasai diserahkan kembali kepada pemerintah.

“Saat ini kami memasuki masa mulai sulit untuk sertifikasi aset lahan dan bangunan milik pemerintah daerah ini. Salah satunya karena ada aset yang dikuasai oleh warga. Sehingga harus mengumpulkan kembali dokumen hibah yang sebelumnya sudah diserahkan,” ujar Kepala Dinas Perkim Kabupaten Seluma, Erlan Suadi, SP, M.AP kepada Rasel.

TRENDING  Sepakat! Seluma Hibahkan 24,8 Hektar Lahan untuk Brimob

Erlan menyebut, salah satunya asset yang dikuasai warga yakni berupa lahan SD Talang Giring di Kecamatan Lubuk Sandi. Yang mana, lahan yang ada sebagian sudah dikelola warga. Padahal lahan SD tersebut sudah dihibahkan kepada pemerintah daerah.

Namun diakui Erlan, lahan itu sampai saat ini memang belum memiliki sertifikat. “Karena itulah kami masih mengumpulkan dokumen hibahnya,” pungkas Erlan. Ada juga bangunan Pustu di Kecamatan Ilir Talo. Dalam perjalannya, pustu di Ilir Talo milik pemerintah daerah ini dihibahkan pemilik lahan kepada pemerintah.

TRENDING  Pemkab Konsultasi ke APH Soal Tunjangan Dewan

Hanya saja, bangunan pustu rusak serta tidak dilakukan perbaikan. Nah oleh pihak keluarga (hibah), lahan itu kemudian ditempati dan diambil alih kembali.

“Jadi kami harus memberikan penjelasan, memberitahukan dokumen hibah dan lainnya agar lahan dan bangunan milik Pemerintah tidak dikuasai. Tentu saja hal ini harus ditangani secara serius. Apalagi masalah lahan sangat sensitif,” pungkas Erlan. (rwf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.