Duh…Insentif Vaksinator Ternyata Belum Dibayar

insentif vaksinator
Ilustrasi vaksinasi covid-19 oleh vaksinator

RASELNEWS.COM, SELUMA – Insentif vaksinator Covid-19 di Kabupaten Seluma empat bulan terakhir belum dibayar. Ada 122 nakes vaksintor di lingkungan Dinas Kesehatan Seluma yang gigit jari.

Mereka tersebar di 22 puskesmas, Dinas Kesehatan sendiri dan RSUD Tais. Sebelumnya dijanjikan insentif akan dibayarkan sebelum lebaran Idul Fitri.

Padahal mereka sudah menghantarkan Pemkab Seluma mencapai target vaksin dosis pertama hingga lebih dari 80 persen. Serta dosis kedua lebih dari 50 persen dari target masyarakat yang harus divaksin sebanyak 161 ribu lebih.

“Belum ada yang dibayar. Padahal kami kerja siang dan malam untuk sukseskan target vaksinasi di Seluma. Padahal kami berharap cair menjelang lebaran,” kata salah seorang nakes.

TRENDING  Tak Diundang Rapat, Wakil Ketua DPRD Marah

Tahun 2022 ini Kabupaten Seluma telah menganggarkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk insentif vaksinator. Namun kenyataanya hingga April kemarin belum dibayarkan. Padahal tim vaksinator di Kabupaten Seluma kebanyakan berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang gajinya hanya Rp 800 ribu perbulan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin, S.Sos mengatakan, belum dibayarkan insentif tenaga vaksinator lantaran ada sejumlah regulasi yang masih dalam proses pembentukan di bidang hukum Sekretariat Daerah.

“Masih proses regulasinya di Bagian Hukum. Nanti setelah selesai, akan langsung diproses untuk dibayarkan,” pungkasnya.

TRENDING  Seluma Dapat Mesin Pengolahan Jagung Menjadi Tepung

Capaian 278.240 Suntikan

Sementara itu, sampai saat ini Pemkab Seluma melalui Dinas Kesehatan sudah menyuntikan 278.240 vaksin. Terbagi dosis pertama, kedua dan ketiga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, Rudi Syawaludin, S.Sos mengatakan untuk dosis pertama sebanyak 143.670 suntikan atau sekitar 88,78 persen. Kemudian dosis kedua 112.715 suntikan atau sekitar 69,65 persen, serta dosis ketiga sebanyak 21.855 suntikan atau sekitar 13,51 persen. Dari total masyarakat yang harus diberikan vaksin sebanyak 161 ribu lebih.

“Pada puasa kemarin, pemberian vaksin tetap dilaksanakan. Dengan sasaran masyarakat yang belum divaksin, serta warga yang belum menerima vaksin dosis kedua dan ketiga. Targetnya seluruh masyarakat harus selesai vaksin dosis ketiga,” katanya kepada wartawan.

TRENDING  Generasi Muda Jangan Sibuk Main Handphone

Pihaknya juga meminta dukungan masyarakat. Untuk mensukseskan pelaksanaan vaksin covid-19 di Kabupaten Seluma. (rwf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.