Hadirkan Manajemen Perusahaan, Petani Plasma Urung Demo

rapat
RAPAT: Pengurus Koperasi Plasma yang menggelar rapat di kediaman ketua forum, kemarin/Foto Julianto/Raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR – Sejumlah petani plasma kelapa sawit di bawah naungan PT. Ciptamas Bumi Selaras (CBS) Kaur akhirnya membatalkan rencana aksi demo dan menutup jalan menuju kebun dan pabrik. Ini setelah pengurus koperasi mendapat kabar bahwa pimpinan PT. CBS bakal bertandang ke Kaur untuk membahas masalah dengan petani plasma.

Ketua Forum Komunikasi Koperasi Plasma Mitra PT. CBS Alponso Sulaiman, SH, kemarin (20/6), menggelar rapat dengan pimpinan empat koperasi mitra plasma PT. CBS. “Jadi rencana aksi ini kami tunda, kami akan berbicara dengan pimpinan CBS terlebih dahulu. Sebab rencananya minggu ini bapak Andrew selaku General Manager (GM) marketing dan operasional Ciputra Platation Indonesia (CPI) akan bertandang ke Kaur,” ujar Alponso.

TRENDING  Donor Darah, Polri Kumpulkan 50 Kantong

Setelah digelar pertemuan dengan empat pengurus koperasi, disepakati beberapa poin. Selain membatalkan rencana aksi unjuk rasa, Area Manager PT. CBS Join Zulfian juga membantah akan adanya take over (pemindahan) PT. CBS. Join juga berjanji GM Marketing dan Operasional CPI akan menemui seluruh pengurus Koperasi Plasma Mitra PT. CBS.

“Jadi kami pertegas, Koperasi Plasma Mitra tidak pernah menghalangi, melarang dan atau menghambat rencana take over. Yang kami persoalkan adalah kepastian pemenuhan kewajiban PT. CBS terhadap hak-hak pemilik plasma, terutama kekurangan luasan fisik lahan, Kekurangan pokok tanam dan sertifikasi/legitimasi kebun plasma yang luasnya diperkirakan lebih dari 700 hektar yang berada di 4 koperasi plasma mitra dengan kondisi sudah akad kredit dengan BRI Agro 2018 dengan waktu pembangunan selama 4 tahun,” sambung Alponso.

TRENDING  Dua Pelamar JPTP Gagal

Bila terjadi take over, maka Manajemen PT. CBS wajib menjamin dan memastikan seluruh hak-hak petani plasma yang belum terpenuhi. Baik fisik, pokok tanam dan sertifikasi/legitimasi menjadi kewajiban dan atau tanggung jawab pihak pembeli yang dituangkan dalam pasal-pasal atau klausul perjanjian dengan pihak bank, PT. CBS dan pihak pembeli. “Tapi intinya kami akan menggelar pertemuan terlebih dahulu dengan pihak perusahaan untuk meminta jawaban resmi dari mereka,” tegas Alponso.

Terpisah, Humas PT. CBS M. Safei mengaku rencana kehadiran pimpinan CPI Jakarta ke Kaur. Namun ia tidak bisa memastikan berapa lama pihak manajamen pusat tersebut berada di Kaur.

TRENDING  Petani Plasma CBS Ancam Demo

“Dalam satu dua pekan kedepan, pimpinan akan ke Kaur. Salah satunya memberikan penjelasan terkait kekhawatiran pihak petani plasma,” tegas Safei.

Sebagai mana diketahui, empat koperasi yang tergabung dalam mitra PT. CBS selaku pemilik lahan plasma, berencana menggelar aksi demonstrasi dan penutupan akses masuk ke perusahaan. Hal ini lantaran para pemilik lahan khawatir setelah mendapat informasi PT. CBS bakal dijual kepada perusahaan lain. (jul)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.