Harga TBS Ditetapkan Rp1.942

harga TBS
Aktivitas panen kelapa sawit

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Tim perumus menetapkan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Bengkulu Rp 1,942 ribu perkilogram. Ketetapan ini turun dari sebelumnya yang mencapai Rp2.100 perkilogram.

Kepala Dinas Tanamam Pangan, Holtikultura dna Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu Ir. Ricky Gunarwan mengatakan harga terendah ditetapkan Rp 1.666 dan tertinggi Rp 2.219 /kg, serta toleransi sebesar 5 persen atau Rp 1.845/kg.

“Harganya memang turun dari harga yang ditetapkan untuk periode Mei hingga Juni,” kata Ricky, Rabu (22/6). Ia mengatakan rapat penetapan TBS juga membahas adanya pabrik yang tutup sementara atau tidak menerima TBS dari petani. Hal ini disebabkan penuhnya kapasitas tangki produksi CPO, sementara ekspor masih dibatasi.

TRENDING  Pemprov Pastikan Bangun Stadion Mini, Salah Satunya di Bengkulu Selatan

Akibatnya sangat dirasakan para petani yang tidak bisa menjual hasil. “Kalau TBS tidak bisa dijual, bisa membusuk. Makanya petani sangat rugi,” ujarnya.

Disampaikan Ricky, petani TBS sangat tergantung dengan pabrik. Salah satu solusinya adalah dengan duduk bersama menetapkan harga TBS sehingga ada kepastian harga pembelian TBS dari masyarakat.

“Kita berharap harga TBS ini dapat dipatuhi seluruh PKS (perusahaan kelapa sawit). Jangan smapai membeli di bawah harga yang ditetapkan,” pungkasnya. (cia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.