Pilkades Serentak di Seluma: Mantan Dewan Tumbang, TKI Unggul

pilkades serentak di seluma
PILKADES: Pilkades serentak di Seluma digelar di 37 desa berlangsung dengan aman/Foto Ahmad Fauzan/Raselnews.com

RASELNEWS.COM, SELUMA – Pilkades Serentak 2022 di Seluma digelar dengan aman, Rabu (22/6). Hingga kemarin sore, beberapa desa sudah menetapkan hasil penghitungan suara dan menetapkan hasil penghitungan suara.

Dari 106 cakades yang maju, salah satunya adalah mantan Anggota DPRD Seluma Fachroni yang bertarung pada Pilkades Renah Panjang Kecamatan Lubuk Sandi. Anggota DPRD Seluma periode 2014-2019 ini gagal meraih suara terbanyak dengan 278 suara. Ia dikalahkan Pepen Efriadi yang memperoleh 317 suara.

Sementara untuk Pilkades Napalan Kecamatan Talo Kecil yang hanya diikuti dua calon. Cakades Jayadi memperoleh 449 suara, unggul atas Edi Sosianto yang memperoleh 196 suara.

Selanjutnya Pilkades Lubuk Betung Kecamatan SAM dimenangi mantan tenaga kerja Indonesia (TKI) Munadi yang memperoleh 300 suara. Ia unggul atas Firmadi Angsori yang meraih 146 suara. “Alhamdulillah menang ding,” singkat Munadi saat dihubungi Rasel, kemarin.

TRENDING  Ketua DPRD : ASN Nonjob Tidak Masalah

Untuk Pilkades Air Latak, dimenangkan Riswan Efendi dengan 237 suara. Ia unggul dari dua kandidat lainnya, Supran Atmojo yang meraih 126 suara dan Sahiril dengan 72 suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Seluma Nopetri Elmanto mengatakan hingga kemarin sore ini, masih menunggu beberapa desa yang belum menyelesaikan rapat pleno.

Dari 37 desa yang menggelar Pilkades serentak di Seluma, dipastikan menyelesaikan proses penghitungan suara, kemarin.”Seluruh tim DPMD turun untuk memantau dan merekap hasil pilkades. Saat ini kami masih menunggu, terutama untuk daerah yang jauh. Tapi kami pastikan seluruhnya selesai,” tegas Nopetri.

Aman

Sementara itu, pelaksanaan pemungutan suara Pilkades serentak 2022 di Seluma dipastikan berjalan aman,. Pelaksanaan pilkades menjadi atensi Pemkab dan Polres Seluma serta Polda Bengkulu. Terutama untuk meminamilisir konflik selama pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

TRENDING  Gusnan Lirik Danau Kawutan Serunting

Pengamanan dilakukan sejak proses pelipatan surat suara, distribusi logistik hingga nanti proses penetapan hasil Pilkades. Personel Polres Seluma dibantu TNI dan Satpol PP juga ditempatkan di desa pelaksana Pilkades serentak.

Kemarin, pelaksanaan Pilkades juga dipantau pihak Kemendagri dengan melaksanakan rapat dalam jaringan (daring/online) melalui aplikasi Zoom di Desa Air Latak yang juga menggelar Pilkades. Zoom meeting diikuti Asisten I Pemkab Seluma H. Hendarsyah dan Kapolres Seluma AKBP Darmawan Dwiharyanto SIK bersama sejumlah pejabat lainnya.

Hendarsyah melaporkan pelaksanaan Pilkades serentak di Seluma dilaksanakan di 37 desa dan diikuti 106 calon kepala desa. Desa Air Latak sendiri diikuti tiga calon yang bertarung memperebutkan posisi Kades.

“Sesuai jadwal, hari ini (kemarin) kami melaksanakan pemungutan suara pilkades serentak di 37 desa. Setiap desa juga dipantau oleh pejabat eselon II dan III (lingkungan Pemkab Seluma). Pengawasan dilakukan bersama aparat TNI dan Polri untuk menghindari konflik,” tegas Asisten I.

TRENDING  Arisan Bodong, Warga Batu Lambang Tertipu Rp 45 Juta

Ditambahkan Kapolres Seluma, aparat kepolisian sudah melakukan pengamanan sejak pelipatan surat suara, pendistribusian, hingga penghitungan suara. “Pengamanan dipastikan untuk mencegah konflik yang mungkin terjadi,” tegas Kapolres.

Kapolres mengatakan desa yang dekat dengan kantor kecamatan, logistik baru diserahkan pada pagi hari menjelang pemungutan suara. Hal itu mempertimbangkan keamanan. Kapolres menyebut penyimpanan logistik di Kantor Camat lebih aman dibanding di desa.

Namun untuk desa yang jauh dan sulit dijangkau, logistik diantarkan sehari sebelum pemungutan suara. “Untuk desa yang rawan konflik dijaga oleh dua sampai tiga personel. Sedangkan desa yang tidak rawan konflik hanya dijaga satu personel,” pungkas Kapolres. (rwf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.