Sabuk Pantai Pasar Bawah Butuh Anggaran Rp 50 M

pantai pasar bawah
SABUK PANTAI : Untuk keamanan para nelayan dibutuhkan pembangunan sabuk pantai Pasar Bawah/Foto DOK/Raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan tidak henti-hentinya melobi pemerintah pusat untuk membantu sabuk pantai Pasar Bawah. Terbaru, pihak Dinas Perikanan BS kembali mengusulkan kebutuhan anggaran Rp 50 miliar ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk pembuatan sabuk pantai.

“Kami kembali mengusulkan ke KKP terkait pembangunan sabuk pantai. apabila sudah ada sabuk pantai kecelakaan nelayan di mulut muara bisa diminiamlisir,” ujar kepala Dinas Perikanan, Santono MPd. Selama ini kecelakaan perahu sering terjadi mulut muara sungai Air Manna yang merupakan akses keluar masuk nelayan ke laut. Kondisi ini disebabkan terjadinya pendangkalan di mulut muara, akibatnya perahu nelayan seringkandas dan pada saat bersamaan datang ombak besar menghantam. Akibatnya kecelakaan terjadi.

TRENDING  Bengkulu Selatan Optimis Terbaik MTQ Provinsi

Jika dibangun sabuk pantai, nelayan akan lebih aman mendarat. Karena akan dibuatkan juga tempat menambatkan perahu. Dikatakan Santono, selain mengusulkan rencana pembangunan sabuk pantai, pihaknya juga mengupayakan diakomdirnya program kampung nelayan maju (KALAJU) di pantai Pasar Bawah. Apa lagi ini program prioritas KKP RI, untuk mewujudkan kampung nelayan yang maju, bersih, sehat dan nyaman.

Mudah-mudahan, rencana program ini bisa terwujud tahun depan, sehingga diharapkan kampung nelayan di Pasar Bawah akan tertata lebih baik lagi.“Program ini sangat mungkin dilakukan di Pasar Bawah, karena Pasar Bawah merupakan perkampungan nelayan terbesar di BS,” pungkasnya. (one)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.