SDN 12 Seluma Langganan Banjir

ilustrasi sekolah kebanjiran
Ilustrasi sekolah kebanjiran

RASELNEWS.COM, SELUMA – Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 Desa Jambat Akar, Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) Kabupaten Seluma menjadi langganan banjir. Begitu hujan deras tiba sekolah yang memiliki enam ruang belajar dan 160 murid ini mulai digenangi air.

Banjir ini akibat lingkungan sekolah itu belum memiliki saluran pembuangan. Air yang meluap dari Sungai Maras ditambah air hujan yang masuk ke lingkungan sekolah tridak bisa mengalir ke tempat lain akibat belum adanya saluran pembuangan. Debet airpun naik dan merendam gedung sekolah.

TRENDING  Uji Kelayakan Lahan Pembanguan PPN Libatkan UGM

Jika terjadi banjir besar, murid terpaksa diungsikan ke musala dan perpustakaan sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Tentu hal itu mengurangi kualitas belajar siswa. Apalagi ditambah suasana dingin dan kebersihan lingkungan yang menurun akibat banjir tersebut.

“Kami khawatir keselamatan siswa dan guru jika persoalam banjir ini tidak segera dicarikan solusinya. Kami berharap ada pembangunan siring pembuangan air dari Pemkab Seluma” kata Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SDN 12 Seluma, Islan Supardi, S.Pd.

Diungkapkan Islan, ketinggian air yang masuk ke ruang kelas bervariasi, antara 15-25 cm. Itupun jika hujan tidak terlalu lama, jika terjadi hujan dua hari berturut air lebih tinggi lagi,” jelasnya.

TRENDING  Bersiap, Penilaian Akhir Semester Digelar 27 September

Jika sudah banjir maka murid kelas 1, 2, 4, 5 dan 6 yang berjumlah 130 orang terpaksa dipindahkan belajar ke perpustakaan, musala, dan ada satu ruang baru yang sudah ditinggikan. “Kalau ketinggian air terus naik, tak jarang siswa kami pulangkan,” jelasnya. Saat banjir besar tahun lalu, 150 paket buku pelajaran rusak terendam. Kemudian di awal tahun ini kejadian serupa terulang lagi dan merusak sebagian meubeler sekolah. (rzn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.