Sepuluh Ekor Sapi di Bengkulu Selatan Positif PMK

positif PMK
Ilustrasi. Foto tidak terkait berita

RASELNEWS.COM, BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengusulkan pengadaan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) kepada pemerintah pusat. Usulan dilakukan untuk mencegah menyebarnya wabah PMK yang sudah ditemukan di beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu, Syarkawi mengatakan jumlah vaksin yang diterima, menunggu rekapitulasi populasi hewan ternak dari masing-masing kabupaten. “Jumlahnya disesuaikan dengan jumlah populasi yang ada di Provinsi Bengkulu,” tegas Syarkawi, Rabu (22/6).

Sembari menunggu datangnya vaksin, pengobatan hewan ternak yang terjangkit PMK terus dilakukan. Salah satunya memberikan vitamin dan obat-obatan. Diketahui ada tiga ekor sapi di Rejang Lebong yang sembuh dari PMK.

TRENDING  SK Tahap Dua PPPK Segera Diserahkan

Di Provinsi Bengkulu, kasus PMK ditemukan di lima kabupaten. Yakni Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Seluma dan Bengkulu Selatan. Terbaru hasil uji laboratorium Balai Veteriner Provinsi Lampung menemukan 10 sampel ternak sapi di Bengkulu Selatan yang terpapar PMK. “Balai Veteriner Lampung sudah memastikan 10 sampel dari Bengkulu Selatan positif PMK,” tegas Syarkawi.

Ia meminta masyarakat tidak panik dan khawatir terkait penyebaran PMK. Apalagi penyakit tersebut tidak menyerang ataupun berbahaya bagi manusia.

Bahkan daging ternak yang terjangkit PMK masih dapat dikonsumsi. Namun masyarakat hanya dibolehkan mengonsumsi dagingnya saja. “Bagian mulut, lidah, hidung bagian kaki bawah serta jeroan, dilarang dikonsumsi,” tuntas Syarkawi. (cia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.