Tak Ada Istilah Naik Kelas Corona

naik kelas
Murid SDN 2 BS menerima penghargaan dari guru. Foto tidak terkait berita

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Tak ada istilah naik kelas corona. Demikian ditegaskan Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si.

Diazdado meminta seluruh guru jenjang SMA/SMK di Kabupaten BS harus betul-betul menyeleksi para siswa yang akan dinaikan kelas setelah mengikuti pelaksanaan PAS (penilaian akhir semester) ganjil 2021/2022.

Nilai yang diperoleh siswa dari kegiatan PAS tersebut tidak boleh dimodifikasi apalagi ditambah dengan tujuan untuk meningkatkan persentase rata-rata nilai siswa. Jika siswa bersangkutan memiliki nilai raport jelek, maka harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan aturan pendidikan.

TRENDING  Video Buang Sampah Viral, Allbaik Chicken Tolak Bertanggungjawab

“Kami pastikan tidak ada istilah naik corona. Semua siswa naik kelas sesuai kemampuan akademik yang diraih. Kalau memang nilainya jelek, apa boleh buat belum naik kelas,” ujarnya. Perbuatan memodifikasi nilai siswa dapat berimbas pada minimnya kualitas lulusan yang didapat.

Bahkan, siswa yang cenderung nilainya dibantu akan menjadi manja dan malas belajar. Akibatnya, para siswa tidak serius menuntut ilmu dan merugikan mereka di masa yang akan datang. “Proses pendidikan di sekolah itu, merupakan proses pembinaan siswa agar menjadi generasi berkualitas. Kalau diawal pendidikan kurang bagus, maka hasilnya juga tidak baik,” jelasnya.

TRENDING  Empat Paskibraka Bengkulu Selatan Lolos Seleksi Provinsi

Senada disampaikan Kasi Penmad Kantor Kemenag BS, H. Ahmad Syukri, S.Ag, M.Pd, bahwa proses penilaian siswa madrasah harus maksimal dan berkualitas. Semua nilai yang ditulis harus bertul-betul sesuai dengan kemampuan para siswa.

Termasuk untuk soft skill yang dimiliki, harus berkembang sesuai dengan majunya nalar para siswa. “Kami yakin para guru dapat memaksimalkan proses penilaian ini. Mudah-mudahan, semua siswa mendapatkan nilai yang memuaskan,” pungkasnya. (rzn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.