Tersangka Penipuan Tes CPNS Berniat Damai

penipuan cpns
Ilustrasi penipuan cpns

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Tersangka kasus penipuan tes CPNS berinisial MAP alias Mi sepertinya mulai tidak betah berada dalam sel tahanan Mapolres Bengkulu Selatan (BS). Ia berusaha agar perkaranya tidak dilanjutkan sampai ke pengadilan.

Salah satu upaya yang dilakukan Mi adalah berniat damai dengan korban. Ia menyatakan akan mengembalikan uang korban yang sempat diambil.

“Tersangka menyatakan ingin berdamai dengan korban. Tapi sampai hari ini (kemarin) belum ada bukti perdamaiannya,” kata Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Fajri Chaniago, STK, SIK. Sebagai bukti keseriusan tersangka ingin berdamai dengan korban.

TRENDING  Dana Desa Suka Bandung Dilaporkan ke Tipikor

Tersangka melalui pihak keluarga menyicil pengembalian uang ke korban. Dari total kerugian Rp 250 juta, sudah dikembalikan Rp 100 juta. Artinya masih tersisah Rp 150 juta. Belum dipastikan apakah korban menerima perdamaian yang diminta tersangka.

Kalaupun nanti ada kesepakatan perdamaian antara korban dan tersangka, penyidik Unit Pidum Sat Reskrim Polres BS tidak otomatis akan menghentikan perkara tersebut. Perkaranya tetap dilanjutkan sampai ke pengadilan. Namun bukti perdamaian bisa menjadi pertimbangan yang meringankan untuk terdakwa.

Untuk diketahui, Mi yang berstatus sebagai Kepala Puskesmas Beriang Tinggi Kabupaten Kaur (non aktif) ini dilaporkan oleh salah seorang warga Kecamatan Seginim. Dalam laporan tersebut, korban mengalami kerugian sebesar Rp 250 juta. Uang tersebut diberikan kepada Mi dengan tujuan ingin lulus seleksi CPNS.

TRENDING  Dinas Pertanian Seluma Rugi Rp 2 Miliar Lebih

Namun bukannya lulus menjadi abdi negara, korban justru ditipu oleh Mi. Uang yang diberikannya ludes dipakai oleh Mi, sedangkan dirinya tidak diangkat menjadi CPNS. Korban yang merasa ditipu sempat meminta uang tersebut dikembalikan. Namun Mi tidak mengembalikan uang tersebut, korban pun memutuskan untuk melapor ke polisi. (yoh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.