Tetapkan Harga Terbaru TBS Hari Ini

tbs
foto TBS kelapa sawit

RASELNEWS.COM, BENGKULU – Tim perumus  akan menetapkan harga terbaru TBS (tandan buah segar kelapa sawit) hari ini atau Senin (20/6). Sebelumnya harga ditetapkan Rp2.100 perkilogram. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan mengatakan, harga TBS diharapkan bisa meningkat dari sebelumnya. “Saat ini memang ekspor CPO sudah dibuka, namun ekspor belum sepenuhnhya berjalan” kata Ricky, Minggu (19/6).

Menurut Ricky, hal itulah yang menyebabkan penurunan harga TBS dari sebelumnya. Selain itu, sejumlah pabrik di Bengkulu juga sebelumnya mengurangi penerimaan TBS dari petani. Hal ini disebabkan tanki CPO di pabrik penuh. Penutupan sementara itu disebabkan belum ada pembelian CPO. “Setelah ada yang membeli baru mereka terima lagi,” kata Ricky.

TRENDING  Bengkulu Kembali Masuk 3 Besar PPD Bappenas

Sebelumnya pemerintah juga sudah menetapkan harga TBS. Tetapi pihak pabrik pengelola CPO tidak menuruti harga pembelian yang ditetapkan pemerintah itu.

Harapan petani, harga terbaru yang ditetapkan nantinya tidak merugikan petani. Serta benar benar dijadikan patokan pihak pabrik dalam membeli TBS.

Sementara itu, seorang petani sawit di Kecakatan Ulu Talo Kabupaten Seluma, Saridi mengatakan, hargadi tingkat petani saat ini hanya berkisar Rp1.000/kg. Walaupun harga rendah, namun petani tetap memanennya. “Sebenarnya harganya rendah sekali, sebelumnya sampai Rp3.000/kg,” kata Saridi.

Saridi mengaku, beruntung walaupun harga TBS kelapa sawit rendah saat ini, dia terbantu dengan harga jengkol yang mahal. Sehingga tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari hari. Dalam sekali panen, Saridi menghasilkan Rp 6 juta dari penjualan jengkol. “Alhamdulillah, walaupun harga sawit turun, tapi harga jengkol stabil. Jadi kami bisa memenuhi kebutuhan dari hasil panenjengkol,” kata Saridi. (cia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.