Warga Sulit Air, Kodim BS-Kaur Bangun Bak Mini

kodim
AIR BERSIH : Dandim saat meletakkan batu pertama pembangunan bak mini air bersih di Desa Suka Jaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur/ Foto Julianto/Raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR – Kodim 0408 Bengkulu Selatan (BS)- Kaur membangun bak mini penampungan air bersih di Desa Suka Jaya Kecamatan Nasal. Pembangunan bak ini dikerjakan melalui program TNI Manunggal Air bersih. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Suka Jaya yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih saat musim panas.

Kegiatan TNI Manunggal Air Bersih ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan bak mini pada sumber mata air di hulu desa oleh Dandim 0408 BS-Kaur, Letkol Inf Aswin Suladi, SE, M.AK. “Ini sebagai langkah awal, kami bersama masyarakat melaksanakan kegiatan peletakan batu pertama untuk pembangunan bak mini air bersih di Desa Suka Jaya,” kata Dandim.

TRENDING  Cuaca Buruk, Nelayan Tak Melaut

Dikatakan Dandim, kegiatan TNI Manunggal Air yang sebelumnya dicanangkan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Dudung Abdurchman. Dimana kegiatan ini guna membantu masyarakat Desa Suka Jaya dalam mendapat air bersih. Sebab selama ini, warga desa yang berjumlah 87 Kepala Keluarga (KK) hanya mengandalkan air sungai terdekat sebagai sarana air bersih utama.

Di mana mereka harus menempuh jarak 500 meter hingga satu KM dari pemukiman warga. “Kita ketahui Desa Suka Jaya memiliki geografis tebing curam dan tanah lembek serta rawan longsor. Sehingga, masyarakat tidak dapat menggali maupun pengeboran sumur. Nanti setelah bak ini kita bantu akan kita alirkan ke perkampungan Desa Suka Jaya dengan Pipanisasi 5 dim dan 2 dim sepanjang 1,1 KM,” ujarnya.

TRENDING  PPDI Pertanyakan Banyaknya Perangkat Desa yang Diusulkan Dicopot

Sementara itu, Kades Suka Jaya Mukhlisin juga menyampaikan, dengan adanya kegiatan TNI Manunggal Air Bersih ini sebagai kades yang mewakili masyarakat sangat sangat berterimakasih kepada Kodim BS-K. Juga dengan adanya aliran air bersih yang masuk ke desa tentu masyarakat tidak perlu akan ke air hulu sungai manulah lagi untuk kebutuhan sehari hari.

“Masyarakat sangat berterima kasih dengan jajaran TNI, dengan adanya kegiatan TNI Manunggal air bersih. Masyarakat tidak perlu terlalu jauh ke sungai untuk kebutuhan sehari hari seperti mencuci piring, serta kegiatan lainya,” tandasnya. (jul)

TRENDING  TMMD ke-112 Sukses, Bupati Harap Ada Kodim dan Lapas di Kaur

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.